Selasa, 27 Oktober 2015

FIELD TRIP KELAS X TP. 2015/2016

   

   Hai warga Cendanaa.. Wah wah bagaimana kabarnya ?? Mudah mudahan dalam keadaan baik semuanya.
   
   Kali ini DRC akan memberikan artikel yang luaaarrr biasa seru dan menarik untuk mengisi waktu luang anda sekalian. Ini berkaitan dengan kegiatan FIELD TRIP TAHUN INI !!

   Kegiatan ini diadakan pada tanggal 16-18 Oktober 2015. Jadi sedikit penjelasan dulu, Field Trip adalah kegiatan tahunan yang diadakan SMAS Cendana Mandau 1 tahun sekali untuk murid murid kelas X, nah kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa ingin tahu antar siswa dan juga sebagai metode pembelajaran yang berkaitan dengan kebudayaan, lingkungan, dan ilmu pengetahuan yang jarang didapatkan di dalam pembelajaran efektif sekolah. Serta pastinya sebagai referensi refreshing sehabis ujian Mid Semester tahun ini.

   Nah, para readers penasarankan bagaimana serunya perjalanan kelas X tahun ini ?? Yuk ikuti terus cerita kami !!

   Membahas kegiatan Field Trip, tahun ini kami mengunjungi sebuah Kotamadya yang terletak di Provinsi Sumatera Barat yang bernama Sawahlunto. Sawahlunto adalah kota tua peninggalan tambang batubara masa penjajahan Kolonial Belanda saat dahulu Indonesia masih di tangan para penjajah. Naah 8 destinasi wisata terencana yang akan kami kunjungi waktu itu ialah : 

1. Museum Gudang Ransum 
2. Lubang Mbah Soeroe
3. Taman Satwa Kandi
4. Taman Buah Kota Sawahlunto
5. Istana Pagaruyuang
6. PLTU
7. Museum Tambang Batu Bara
8. Sawahlunto Waterboom

     Dan kegiatan ini sebagai program siswa dan siswi SMAS Cendana yang salah satunya adalah mempopulerkan wisata ke Sawahlunto untuk Riau. Karena cenderung warga Riau lebih memilih pusat-pusat trend wisata di Jawa atau diluar negeri. Dan juga ini dapat menjadikan Sawahlunto salah satu trend untuk kunjungan wisata anda semua.


 Selain itu juga, bukan hanya mengetahui sejarah sejarah yang terdapat pada masing masing tempat, kami juga mengunjungi 2 sekolah sebagai wadah menyalurkan aspirasi dan kerja sama serta membangun kekeluargaan antar murid-murid dan para guru. 2 sekolah itu ialah SMAN 1 Sawahlunto dan SMAN 2 Payakumbuh. Disana kami bertemu dengan orang-orang baru yang menyambut kami dengan luar biasa meriah.



    Tak habis disitu, kami juga mendapatkan sambutan hangat dan persembahan juga dari Asosiasi Homestay dan Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto bertepatan di Lapangan Segtiga yang terletak di pusat Kota Swahlunto. Lapangan segitiga juga tempat diadakannya Malam Kesenian yang menampilkan bakat-bakat luar biasa dari para murid murid, baik utusan SMA N 1 Sawahlunto dan juga SMA S Cendana Mandau. Waaah.. ternyata tak kalah beragam seni dan aksi panggung yang mereka suguhkan kepada kami.



   Serta yang lebih extraordinarynya lagi, pada saat malam itu Walikota, Sekretaris Dinas Pendidikan, dan juga para tokoh-tokoh yang ada di Kota Sawahlunto ikut meramaikan acara. Tak lupa pula partisipasi yang positif dari warga Kota Sawahlunto yang tertarik dengan acara malam itu.


 Dan yang membedakan juga nih satu lagi, kami para rombongan menginap ditempat yang baru kali ini dipercobakan pada kegiatan FIeld Trip tahun ini. Yaitu Home Stay, nah memang adasih beberapa yang kedapatan di hotel, tetapi 80% nya menginap di Homestay termasuk guru-guru dan karyawan SMAS Cendana. Jika di Homestay kami mendapatkan orang tua asuh dan bisa dibilang rumah kedua.




     Dan pastinya teman teman semua ingin tahukan apa saja pendapat para guru guru kita yang ikut dalam kegiatan ini ??

     Yang pertama ayo kita simak pendapat dari Kepala Sekolah Ibu Dra. Wiselmi

Q : Bagaimana menurut ibuk kegiatan Field Trip tahun ini ??

" Kegiatan ini sangat bagus dengan berwawasan pendidikan berkaitan dengan kunjungan sekolah, study banding, beterkaitan dengan adiwiyata persiapan sekolah kita. Dan lebih dominan kepada terapan dalam pembelajaran " 

     Nah yang tadi dari Kepala Sekolah kita, sekarang kita beralih kepada Bapak Wakil Kesiswaan Drs. Albohari

Q : Bagaimana perasaan bapak berkaitan dengan kegiatan Field Trip tahun ini ??

" Perasaannya luar biasa, walaupun dengan jadwal yang sangat padat apresiasi dari Dinas Pariwisata, Walikota Sawahlunto, dukungan masyarakat dan juga SMAN 1 Sawhlunto yang menerima kami sangat baik, serta mengkolaborasikan SMAN 1 Sawahlunto dan SMAS Cendana duri "

     Dan juga ada yang bagus nih dari bapak kita yang satu ini Drs. Saprijon

Q : Apa pesan bapak untuk anak kelas 10 tahun ini berkaitan dengan kegiatan Field Trip ??

" Yang pastinya nikmati perjalan Field Tripnya, terapkan ilmu yang sudah didapatkan, karna hubungan silaturrahmi itu sangat perlu dibangun. Dan bapak sangat bangga dengan anak kelas 10 tahun ini yang mudah berbaur dengan lingkungan baru "

     Satu lagi teman kita perwakilan dari  kelas X MIA 1 yaitu Andi Darell Alhakim

" Kegiatan Field Trip ini membuat kami belajar banyak hal, salah satunya membantu kami dalam bersosialisasi dan belajar dari sekolah-sekolah lain. Kami sangat menikmati Field Trip  tahun ini "

     Kemudian teman teman, untuk kendala memang semua yang sudah direncanakan bukan berarti akan terlaksana dengan lancar. Maka dari itu jika ada kegiatan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan yang diharapkan jangan berkecil hati, karena apa?? Jika kita melihat sesuatu dari kekurangannya maka sesuatu itu tidak akan tampak lagi indahnya. Maka dari itu Happy dan Enjoy oke. Menurut saya kegiatan Field Trip tahun ini SUPER SEKALI !!
Baiklaah, jika ada kata yang salah mohon dimaafkan dan sampai jumpa diartikel menarik DRC berikutnya...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar